SURAT IZIN MENGEMUDI TIDAK PERLU DIPERPANJANG?

surat izin mengemudi
Beberapa waktu lalu, saya terlibat perbincangan dengan salah seorang yang sama-sama berteduh karena hujan yang mengguyur Ibu Kota. Tanpa sadar obrolan kami membahas tentang Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal ini didasari ketika dia ditilang gara-gara masa berlaku SIM yang dia miliki sudah habis. Semua syarat untuk berkendara tidak ada yang dia lewatkan. Helm, jaket, lampu spion bawaan pabrik terpasang lengkap, ban menggunakan standar pabrik, tidak menerobos lampu merah, safety riding deh pokoknya.

Dia menceritakan dengan sedikit kesal percakapannya dengan aparat yang menanganinya. 
Aparat:"Maaf anda saya tilang karena masa berlaku SIM anda telah habis".
Andy:"Terus apa masalahnya pak?"
Aparat:"Ini jelas masalah, seharusnya kamu perpanjang SIM kamu sebelum lebih dari 3 bulan 5 hari dari masa aktif SIM kamu habis, kamu saya tilang" aparat terlihat kesal.
Andy:"Fungsi SIM itu sebenarnya apa sih Pak?"
Aparat:"Memang dulu waktu ngurus SIM ini tidak dikasih tahu? Atau jangan-jangan kamu lewat calo?"
Andy:"Oh.. saya ngurus sendiri pak, saya ikut test, saya terbukti sehat, tidak buta warna, saya terbukti terampil mengendarakan sepeda motor dan SIM ini adalah bukti bahwa saya sudah layak mengendarai sepeda motor di jalan raya"
Aparat:"Nah, itu kamu tahu"membuka buku tilang dan langsung menulis.
Andy:"Terus kenapa SIM harus punya masa aktifnya pak? apa ada kemungkinan setelah 5 tahun itu kemampuan kita untuk memahami peraturan lalu lintas dan keterampilan mengemudikan kendaraan bermotor kita berkurang?"
Aparat:"Kamu ngeyel ya! Kamu mau melawan Undang-Undang?"berhenti menulis dan memukul surat tilang dengan pena.
Andy:"Hehee... Engga pak, santai aja. Yaudah saya salah, tapi tolong Bapak renungkan pertanyaan saya tadi"
Aparat:"#@!@#$%$#@#$%$##$%^&^%$#$%"

Hahahahaaaa.... Masuk akal juga pemikiran Saudara Andy yang saya lupa menanyakan alamat beliau. Hujan sudah reda, kami langsung berpisah dengan melanjutkan perjalanan kami masing-masing. Monggo dikomentari pendapat Saudara Andy ini. Menurut kalian perlu atau tidak SIM diperpanjang?

Tetap santun, terus menyapa!
Follow saya di twitter: @dedipurnomocom. Atau add saya di facebook
Atau kunjungi website resmi saya dedipurnomo.com

Popular posts from this blog

Program Billing Warnet Manual

Menghitung Gaji Karyawan Berdasarkan Golongan