RAKYAT RI: MENULIS ITU PENTING!

Menurut Wikipedia, menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis juga merupakan sarana komunikasi. Komunikasi tertulis berbeda dengan komunikasi lisan yang dilakukan dengan mulut. Menulis memiliki karakteristik tersendiri. Jari-jemari akan dilatih untuk menyusun huruf menjadi kata, kemudian menjadi  kalimat, lalu paragraf yang pada akhirnya akan tergabung dalam sebuah karangan yang utuh. Kegiatan menulis hampir sama dengan melukis. Ia dapat meningkatkan kesadaran otak kananmu. 


Mulailah menulis dari sesuatu yang datang dari hati. Misalnya ketika gurumu menjelaskan sesuatu, jangan fokuskan matamu untuk melihat guru berbicara. Sebaliknya, biarkan telingamu berkonsentrasi pada suaranya saja. Sementara itu jari tanganmu terus menuliskan apa yang kamu dengar. Dengan cara ini kamu akan lebih mudah menyerap pelajaran. Dan tentunya ini sangat baik untuk membiasakan diri menulis.

Lalu bagaimana jika guru bicara cepat sekali? Tulisan acak-acakan. Ya tidak apa-apa. Kamu memang tidak perlu menulis semuanya. Tetapi dengan menulis kata-kata kuncinya, kamu akan lebih mudah mengingat apa yang gurumu ucapkan. Selanjutnya mulailah menulis dengan bahasamu sendiri dengan menyempurnakan kerangka yang telah kamu tulis itu menjadi sebuah tulisan dengan informasi yang utuh. Dengan cara ini, kecerdasan verbal tulisanmu akan meningkat. Jadikan kegiatan menulis sebagai kegiatan sehari-hari.

Contoh lain adalah dengan menuangkan opini yang sedang kamu fikirkan. Bisa kritik sosial, kritik terhadap kebijakan yang diambil pemerintah, atau tulisan yang sifatnya menginspirasi. Misalnya dengan menuliskan usaha yang ada di sekeliling rumahmu. Karena bisa jadi dengan tulisan itu, pembaca bisa terisnpirasi dengan contoh bidang usaha yang telah kamu tulis.

Menulis tidak harus banyak, yang penting ada informasi yang disampaikan. Tuliskan apa yang menurutmu menarik. Jangan terlalu banyak mikir. Kunci dari kesuksesan seorang penulis adalah menulis. Bukan berfikir ! 

Tulisan ini aku tutup dengan quotes dari Pidi Baiq No. 71 yang mengatakan "Waktu akan membuatku lupa, tapi yang aku tulis akan membantu membuatku ingat (PB)Mari menulis! Tetap santun, tetep menyapa!


Follow saya di twitter: @dedipurnomocom. Atau add saya di facebook
Atau kunjungi website resmi saya dedipurnomo.com

Popular posts from this blog

SURAT IZIN MENGEMUDI TIDAK PERLU DIPERPANJANG?

Program Billing Warnet Manual

Menghitung Gaji Karyawan Berdasarkan Golongan