Penggunaan Int dan Float pada Pendeklarasian Variabel di Borland C++

Hi sobat blogger yang suka iseng. hehe
Bagaimana kesan pertama kalian membaca judul postingan saya ini?
Saya rasa kalian akan membaca dua sampai tiga kali dan berkata "Ini postingan apa? gk penting....!! ketinggalan zaman, KUNO, ilmu lama" atau apalah selain itu dengan nada mencibir.
Iya memang postingan saya kali ini memang sangat tidak menarik.
Tapi inilah saya. Saya mencoba menulis dan membagikan setiap apa yang saya ketahui. Untuk itu saya sangat berharap bisa terus belajar dan menambah pengetahuan saya tentang pemrograman.

Ini sangat sederhana namun bisa sangat fatal jika kita sampai tertukar dalam penggunaan float atau int pada pendeklarasian variabel. Seperti postingan saya sebelumnya Bertanya Tentang Pembuatan Program Billing Warnet Manual. Hampir berjam-jam saya mengecek dan menulis ulang source kode di program itu, namun hasilnya tetap sama. 
Hasil yang seharusnya biaya perjamnya Rp. 5.000,-, diprogram itu selalu muncul Rp. 3.600,-/jam. Bahaya kan? bisa bangkrut ntar semua warnet yang menggunakan program buatan kita. Semua fungsi sudah benar, dan setelah saya pahami ternyata penyebapnya adalah kesalahan pada penggunaan float atau int.

Sebelumnya alangkah bainya kita ingat kembali perbedaan float dan int.
Contoh
int jumlah;
float harga_per_unit, total_biaya;

Dari contoh diatas, variabel jumlah hanya boleh menerima data yang bertipe integer (bulat), tidak boleh menerima data bertipe lainnya. Variabel harga_per_unit dan total_biaya hanya bisa diisi dengan bilangan float (pecahan).

Selanjutnya perhatikan source kode yang ada pada postingan saya di Bertanya Tentang Pembuatan Program Billing Warnet Manual :

Pada bagian yang saya beri kotak merah itu tertulis (tarif/3600)*durasi; Nah disinilah peran penggunaan float dan int yang sangat mempengaruhi perubahan biaya akhir dari yang seharusnya Rp. 5.000,- menjadi Rp. 3.600,-.
Mari kita hitung sebentar..!! Siapkan kalkulator dan kopi agar kalian tidak bosen membaca postingan saya yang tidak bermutu ini. hehe

Diketahui : 
  • Tarif  per jam = Rp.5.000,- 
  • Tarif per detik = Rp. 5.000,-/3600
  • Durasi pemakaian = 1 jam = 3600 detik

Penyelesaian:

  1. Hasil pertama jika pada kolom deklarasi kita menggunakan int untuk yang ini hasil dari (tarif/3600)*durasi; dengan tarif=5000. Jika dihitung secara matematis ini berarti (5000/3600)*durasi=....... berapa hasil 5000/3600di kalkulator teman-teman...? 1,88888888888888888888888889 bukan..? hehe kebanyakan kali delapannya. kita sederhanakan menjadi 1,388889 aja yah biar nggak kepanjangan. Itu di kalkulator friends. Beda dengan perhitungan yang menggunakan int ini. Di sini hasilnya bukan 1.388889, tapi hasilnya adalah 1 (satu). jadi hasil (5000/3600)*3600=3600. 
  2. Hasil ke-2 jika pada kolom deklarasi kita menggunakan floatuntuk yang ke-2 ini jika dihitung secara matematis rumusnya sama dengan (5000/3600)*durasi=....... ada bedanya apa nggak dengan yang pertama? sama yah? hehe tapi hasilnya akan berbeda.(5000/3600)*durasi=....... 5000/3600=1,388889    jadi hasil dari (5000/3600)*3600=5000.
Bagaimana? sudah ada gambaran kapan kita menggunaan int dan kapan menggunakan float....? Kenapa seperti itu? nah jawabannya sudah ada di atas sana. Kalau malas geser kursor ke atas lagi ini saya ulangi lagi "variabel jumlah (untuk ini hitungan yang pertama) hanya boleh menerima data yang bertipe integer (bulat), tidak boleh menerima data bertipe lainnya. Variabel harga_per_unit dan total_biaya (hitungan yang ke-2) hanya bisa diisi dengan bilangan float (pecahan). 
Nah, semoga sekarang sudah ada gambaran ya kapan menggunakan Int atau float untuk mendeklarasikan variable. Karena saya juga tidak ingin memperpanjang ocehan saya yang muter-muter ini. Ini adalah pembelajaran bagi saya sendiri. Dan yah berharap bisa menjadi bahan pembelajaran juga bagi teman-teman yang sedang mempelajari bahasa pemrograman khususnya yang sedang menekuni bahasa c seperti saya.
Terima Kasih untuk semuanya. 
Ditunggu kritik dan saran serta tambahan pembelajaran untuk setidaknya meluruskan postingan saya yang sedikit menyesatkan ini. hehe
Ba baiiiiiiiiiii...



Popular posts from this blog

SURAT IZIN MENGEMUDI TIDAK PERLU DIPERPANJANG?

Program Billing Warnet Manual

Menghitung Gaji Karyawan Berdasarkan Golongan